Perolehan Gelar Juara MotoGP Argentina di Pimpin Oleh Marc Marquez

Perolehan Gelar Juara MotoGP Argentina di Pimpin Oleh Marc Marquez

Sirkuit Termas De Rio Hondo akan memanas kembali pekan ini, pasalnya MotoGP Argentina akan bergulir kembali pekan ini.

Statistik MotoGP mencatat ada tiga pembalap Argentina yang pernah memenangi balap Grand Prix. Mereka adalah Sebastian Porto (tujuh kemenangan di kelas 250cc), Benedicto Caldarella (1962) dan Jorge Kissling (1961) yang masing-masing meraih satu kemenangan di kelas 500cc.

Honda mengantongi empat kemenangan kategori MotoGP di Argentina sejak Termas de Rio Hondo masuk kalender pada 2014 lewat penampilan Marc Marquez (2014, 2016, dan 2019) dan Cal Crutchlow (2018).

Baca juga : Hasil MotoGP Sirkuit Mandalika

Yamaha mengantongi dua kemenangan di Termas berkat Rossi (2015) dan Vinales (2017).

Ducati meraih dua podium MotoGP di Argentina setelah Andrea Dovizioso finis runner-up pada 2015 dan ketiga pada 2019. Jack Miller tampil tercepat di kualifikasi 2018 dan menjadi satu-satunya pembalap selain Marquez yang mengklaim pole position di Termas.

Hasil terbaik Suzuki di Termas adalah finis ketiga Alex Rins pada 2018, yang menjadi podium perdana sang pembalap Spanyol di MotoGP.

Baby Alien mengklaim tiga kemenangan MotoGP Argentina dari pole position. Dia mengamankan posisi start terdepan di Argentina pada 2015 dan 2017 namun terjatuh saat memperebutkan posisi pimpinan lomba.

Selain Marquez, pembalap lain yang merasakan podium teratas di MotoGP Argentina ialah Valentino Rossi yang memenangi edisi 2015 dari posisi start kedelapan. Lalu Maverick Vinales pada 2017 setelah start keenam, dan Crutchlow yang memulai lomba dari posisi kesepuluh.

Pada MotoGP Argentina akhir pekan ini Marc Marquez dipastikan absen. Ia masih menjalani masa pemulihan akibat kecelakaan di MotoGP Indonesia. Posisinya akan digantikan oleh Stefan Bradl.

“Hal terpenting adalah mendoakan Marc yang terbaik dan semoga dia lekas pulih. Sementara itu, saya akan melakukan yang terbaik untuk Honda HRC dan tim Repsol Honda menempati posisinya,” Stefen Bradl menjelang MotoGP Argentina