Jan Oblak Berpotensi Jadi Kiper Utama Baru Manchester United

Jan Oblak Berpotensi Jadi Kiper Utama Baru Manchester United

LiveBola.idManchester United sedang dalam fase berburu kiper yang potensial untuk dipertahankan dalam jangka waktu yang panjang. Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak dikabarkan jadi prioritas transfer Man United.

Kontrak Oblak sendiri akan habis di akhir musim 2022/2023. Belum ada pembicaraan resmi terkait perpanjangan kontrak kiper berusia 29 tahun itu.

Namun dalam laporan beIN Sports, kemungkinan Oblak dipertahankan sangat besar. Kiper timnas Slovenia ini masih diperlukan jasanya untuk mengawal gawang Atletico.

Sejauh ini, Oblak memang jadi kiper yang nyaris tidak tergantikan di bawah mistar Los Rojiblancos. Semenjak kepergian David De Gea, Atletico nyaman menggunakan jasanya.

Baca Juga : Hasil Pertandingan Antara Real Madrid Melawan RB Lepzig

Situasi Kiper Utama

Keinginan Man United mendatangkan Oblak itu tidak lepas dari situasi kiper utamanya saat ini. Kontrak David De Gea juga akan berakhir pada akhir musim 2022/2023.

Dibandingkan dengan Oblak, De Gea saat ini lebih tua. Pemain berkebangsaan Spanyol itu sekarang sudah berusia 31 tahun.

Walaupun demikian, De Gea menunjukkan kualitasnya belum termakan usia. Bahkan Man United lebih memprioritaskannya sebagai kiper utama musim ini dan meminjamkan Dean Henderson ke Nottingham Forest.

Ada Opsi Perpanjangan

De Gea memang belum masuk ke tahap pembicaraan kontrak baru dengan Man United. Namun di kontraknya saat ini terdapat klausul perpanjangan kontrak selama satu musim.

Man United jadi pihak yang sangat ingin mengaktifkan klausul tersebut. Sebelumnya sempat dilaporkan bahwa Setan Merah enggan kehilangan sang kiper secara gratis di akhir musim.

Jadi walaupun berpotensi akan dipinggirkan mulai musim depan, kemungkinan De gea memperpanjang kontrak masih sangat mungkin terjadi.

Keputusan Besar

Pada akhirnya, Man United sebenarnya dalam situasi yang tidak perlu-perlu amat untuk segera mencari kiper utama baru. Keputusan dari manajer Erik Ten Hag lah yang nanti akan berpengaruh besar.

Saat ini sang pelatih cenderung memainkan bangun serangan yang melibatkan kiper, sedangkan De Gea tidak memenuhi kriterianya tersebut. Jadi kemungkinan untuk mencari kiper baru sangat terbuka.

Man United bahkan dikabarkan siap menawarkan Oblak dengan gaji dua kali lipat dari yang saat ini diterimanya di Atletico.