Piala Dunia 2018: Mengingat Sukses Timnas Swedia Melaju Hingga Babak Perempat Final

Piala Dunia 2018: Mengingat Sukses Timnas Swedia Melaju Hingga Babak Perempat Final

Livebola.id – Timnas Swedia sukses membuat kejutan di Piala Dunia 2018. Tidak disangka-sangka, tim besutan Janne Anderson itu berhasil melaju ke perempat final.

Timnas Swedia sukses meraih tiket lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 dan akan menghadapi tim sesama benua Eropa Inggris. Kepastian itu diperoleh tim asuhan Janne Andersson usai menyingkirkan Swiss dengan skor tipis 1-0 di babak 16 besar.

Baca Juga : Belum Rela Dikalahkan Timnas Indonesia Di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Publik Vietnam Sebut Shin Tae-Yong Lebay

Menariknya, pencapaian Swedia hingga sanggup melaju hingga fase delapan besar mungkin terbilang kejutan mengingat status mereka sebagai tim non-unggulan. Apalagi, tim yang berasal dari wilayah Skandinavia itu di Piala Dunia 2018 tak diisi superstar sekaligus raja gol sepanjang masa mereka, Zlatan Ibrahimovic.

Dalam fase penyisihan, Andreas Granqvist dan kolega tergabung di Grup F bersama Jerman, Meksiko, dan Korea Selatan. Di luar dugaan, Swedia mampu lolos sebagai juara grup mengalahkan tim-tim mapan di Piala Dunia yakni Jerman hingga Meksiko.

Sayangnya, kisah menakjubkan yang ditulis oleh Swedia di ajang Piala Dunia 2018 harus terhenti di tangan Inggris. Dalam babak perempat final itu, tim berjuluk Blagut harus menyerah 0-2.

Disingkirkan Inggris

Inggris menghentikan dongeng indah yang tengah diusung oleh Swedia di perempat final Piala Dunia 2018 dengan skor 2-0. The Three Lions pun melangkah ke babak semifinal.

Inggris tampil langsung menekan semenjak peluit sepak mula dibunyikan. Dominasi skuat asuhan Gareth Southgate akhirnya membuahkan hasil, gol-gol Inggris dicetak oleh Harry Maguire pada menit ke-30 dan Dele Alli di menit ke-59. Kedua pemain membobol gawang Swedia dengan sundulan.

Sementara itu, Swedia harus angkat koper dari Rusia. Ini juga menjadi pertandingan pertama Swedia gagal mencetak gol, setelah empat laga sebelumnya mampu membobol gawang lawan.

Ibrahimovic Bangga

Zlatan Ibrahimovic mengaku sangat bangga negaranya mampu tampil sangat baik pada ajang Piala Dunia 2018. Berstatus sebagai tim underdog, Swedia mampu tampil jauh hingga babak perempat final.

Diakui Ibra, kerja sama tim yang diperlihatkan para penggawa Timnas Swedia pada gelaran Piala Dunia tahun ini sangat baik. Bahkan mantan pemain Manchester United itu menilai belum ada tim lain yang mampu bermain sebagai tim sebaik Swedia.

“Mereka telah membuat pernyataan besar dengan mengalahkan Meksiko dan Swiss. Bahkan Jerman juga mengalami kesulitan ketika di fase grup. Mereka melakukan hal-hal yang tidak ada yang bisa mereka lakukan,” ujar Ibrahimovic seperti dilansir dari Daily mail.

“Setiap orang Swedia di seluruh dunia bangga dan kami akan menjadi lebih bangga dalam pertandingan-pertandingan mendatang,” tutupnya.

Sempat Singkirkan Italia di Babak Play-Off

Sebelum menembus babak utama Piala Dunia, Swedia tampil di babak play-off perebutan tiket Piala Dunia 2018. Di babak tersebut mereka bertemu dengan peraih juara empat kali Piala Dunia, Italia.

Sama seperti sebelumnya, Swedia menjadi tim yang tidak diunggulkan dalam laga kali ini. Namun, secara mengejutkan Blagut mampu menyingkirkan Italia dengan agregat 1-0.

Di leg pertama Swedia mampu menang 1-0 lewat gol tunggal Jakob Johannsson. Sementara di leg kedua mereka bermain imbang 0-0 di kandang Gli Azzurri.