Disiplin Tinggi, Timnas Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan

Disiplin Tinggi, Timnas Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan

LiveBola.id – Pengamat sepak bola Vietnam Quang Huy menilai timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong sulit dikalahkan tim-tim Asia Tenggara.

Quang Huy menyoroti dua kemenangan timnas Indonesia atas Curacao di FIFA Matchday.

Timnas Indonesia menang 3-2 pada laga pertama melawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022).

Skuad berjuluk Garuda tersebut lalu mengalahkan Curacao dengan skor 2-1 pada pertandingan kedua di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022).

Hasil Indonesia berbeda dengan Vietnam saat melawan Curacao pada final turnamen King’s Cup 2019. Kala itu, Vietnam bermain imbang 1-1 sebelum kalah lewat adu penalti.

 

Baca Juga:Erling Haaland Tidak Akan Lama Di Manchester City?

 

Kekuatan Curacao tidak sebaik tahun 2019. Pemain kuncinya masih ada, tetapi sudah tua. Sementara, kekuatan baru masih sangat muda dan tidak sebaik tahun 2019,” kata Quang Huy, dilansir dari Soha.

Akan tetapi, Quang Huy juga menegaskan bahwa timnas Indonesia memiliki kualitas saat melawan Curacao.

Dia menilai para pemain muda yang dipilih Shin Tae-yong membuat permainan timnas Indonesia semakin meningkat.

Oleh karena itu, Quang huy menyatakan bahwa timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong saat ini sulit dikalahkan oleh tim-tim lain di Asia Tenggara.

Tentu saja Curacao sedikit menurun, tetapi ketika Indonesia mengalahkan tim ini dua kali berturut-turut, itu menunjukkan bahwa pelatih Shin Tae-yong dan pemainnya membuat perubahan kualitas yang kuat,” ujar Quang Huy.

Pelatih Shin Tae-yong membantu sepak bola Indonesia dari tim muda ke timnas senior untuk meningkatkan kualitas mereka. Sangat sulit bagi tim Asia Tenggara untuk mengalahkan Indonesia sekarang,” tutur Quang Huy melanjutkan.

Pernyataan Quang Huy soal peningkatan kualitas timnas Indonesia bukan tanpa alasan. Dia mengatakan bahwa Indonesia bermain buruk pada pertengahan 2021 tepatnya saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Namun, Indonesia berkembang usai ditangani Shin Tae-yong. Quang Huy menilai disiplin menjadi faktor utama perkembangan sepak bola Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Disiplin adalah hal dasar yang membantu perkembangan sepak bola Indonesia di bawah pelatih Shin Tae-yong,kata dia.

Orang Indonesia selalu memiliki kecintaan yang besar terhadap sepak bola. Mereka juga memiliki pemain-pemain berbakat, seperti Vietnam,” ujar Quang Huy.

Namun, pada masa lalu kedisiplinan mereka rendah karena dipengaruhi masalah sosial lainnya,” tutur Quang Huy melanjutkan.