Klasemen Akhir Piala Asia U-17 2023, Timnas Garuda Muda Gagal Lolos!

Klasemen Akhir Piala Asia U-17 2023, Timnas Garuda Muda Gagal Lolos!

LiveBola.id – Klasemen akhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 akan dibahas di sini. Timnas Indonesia U-17 harus puas menerima kenyataan gagal lolos ke putaran final.

Ada enam tiket yang tersedia dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 untuk tim-tim yang finis di posisi kedua di masing-masing grup. Sayangnya, Indonesia finis satu tingkat di bawah kuota tersebut, yaitu di peringkat ketujuh.

 

Baca Juga: Jelang Arsenal Vs Liverpool, Klopp Isyaratkan Waspadai Empat Pemain Ini

 

Tim asuhan Bima Sakti hanya mencatatkan tiga poin dari dua laga yang berarti. Sedangkan catatan selisih gol minus tiga (-3) sangat memberatkan Arkhan Kaka dan kolega untuk lolos.

Hal ini terjadi setelah kekalahan telak dengan skor 1-5 dari Malaysia di pertandingan penutup grup. Laga itu dimainkan di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022 malam WIB.

Meskipun menang telak dengan skor 14-0 atas Guam dan juga mengalahkan Palestina 2-0, namun kedua kemenangan itu tidak berarti untuk Indonesia dalam catatan runner-up ini. Menurut peraturan, hanya raihan menghadapi tiga tim teratas yang akan dihitung dalam klasemen akhir runner-up terbaik.

Itu berarti hanya kemenangan 3-2 atas Uni Emirat Arab (UEA) dan kekalahan 1-5 dari Malaysia yang dihitung untuk Indonesia. Dengan kedua hasil tersebut, maka Indonesia memiliki catatan gol minus.

Indonesia hanya terpaut satu gol dari Laos yang berada di peringkat keenam klasemen akhir runner-up terbaik dengan catatan selisih gol minus dua (-2). Laos meraih kemenangan di pertandingan penutupnya dengan skor tipis 2-1 atas Kirgistan.

Di atas Laos, Thailand finis di peringkat kelima klasemen akhir runner-up terbaik. Meskipun dibantai Vietnam 0-3, Thailand punya modal berkat kemenangan 3-1 atas Taiwan. Jadi mereka finis dengan selisih gol minus satu (-1).

Korea Selatan memiliki catatan selisih gol terbaik (+9) berkat kemenangan 10-0 atas Brunei Darussalam. China punya catatan selisih gol plus tujuh (+7) berkat kemenangan 9-0 atas Kamboja.

Dua tim lainnya yang finis sebagai runner-up terbaik adalah Afghanistan dan India. Keduanya sama-sama punya catatan selisih gol plus yaitu +3 untuk Afghanistan dan +2 untuk India.