Data dan Fakta Piala Dunia 2022 Kamerun vs Brasil: Dani Alves Menanti Rekor

Data dan Fakta Piala Dunia 2022 Kamerun vs Brasil: Dani Alves Menanti Rekor

Livebola.id – Timnas Kamerun akan berhadapan dengan Timnas Brasil di Lusail Iconic Stadium pada matchday 3 Grup G Piala Dunia 2022. Pertandingan Kamerun vs Brasil dijadwalkan kick-off Sabtu, 3 Desember 2022, jam 02:00 WIB.

Bagi Kamerun, ini adalah laga hidup-mati yang akan menentukan lolos atau tidaknya mereka ke babak 16 besar. Di sisi lain, Brasil sudah pasti lolos, tetapi masih harus meraih hasil positif untuk bisa menjuarai grup mereka.

Baca Juga : Link Live Streaming Piala Dunia Qatar 2022 Korea Selatan Vs Portugal

Brasil saat ini memimpin Grup G dengan 6 poin, diikuti Swiss (3 poin), Kamerun (1 poin), dan Serbia (1 poin).

Jika ingin punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar, Kamerun harus menang. Sementara itu, hasil imbang lawan Kamerun, atau kegagalan menang Swiss atas Serbia di partai lainnya, sudah cukup bagi Brasil untuk finis di puncak.

Skenario Lolos 16 Besar Grup G

  • Brasil: Sudah lolos babak 16 Besar. Bakal jadi juara grup jika imbang atau menang pada laga lawan Kamerun.
  • Swiss: Lolos babak 16 Besar jika menang lawan Serbia. Swiss tetap lolos jika imbang lawan Serbia, dengan syarat Kamerun gagal menang lawan Brasil.
  • Kamerun: Wajib menang lawan Brasil untuk membuka peluang lolos 16 Besar. Jika poin sama dengan Swiss dan Serbia, klasemen akan dihitung sesuai regulasi. Jika imbang atau kalah, Kamerun tersingkir.
  • Serbia: Seperti Kamerun, Serbia wajib menang lawan Swiss jika ingin membuka peluang lolos babak 16 Besar. Hasil imbang atau kalah membuat Dusan Tadic dan kolega pulang ke Serbia.

Data dan Fakta

  • Pertemuan terakhir Kamerun dan Brasil di Piala Dunia terjadi pada edisi 2014 lalu. Brasil menang 4-1. Gol Brasil dicetak Neymar (2), Fred, dan Fernandinho. Gol Kamerun dicetak Joel Matip.
  • Kamerun selalu gagal lolos dari fase grup pada 5 edisi Piala Dunia terakhir mereka. Sebelumnya, Kamerun menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke perempat final (1990).
  • Sejak menang 1-0 lawan Arab Saudi di Piala Dunia 2002 lewat gol Samuel Eto’o, Kamerun melewati 9 pertandingan Piala Dunia tanpa kemenangan.
  • Brasil tidak pernah kalah pada 17 laga terakhir mereka di fase grup Piala Dunia (14 menang, 3 imbang). Kekalahan terakhir terjadi ketika tunduk 2-1 di tangan Norwegia pada 1998.
  • Jika dimainkan pada laga melawan Kamerun, Dani Alves akan menjadi pemain dengan caps terbanyak kedua di Timnas Brasil. Alves bakal punya 125 caps, sama dengan Roberto Carlos dan hanya kalah dari Cafu (142).