Pelatih Portugal Ungkap Alasan Cadangkan C.Ronaldo Melawan Swiss

Piala Dunia

LiveBola.id – Pelatih Portugal Fernando Santos mengungkap alasan membangkucadangkan Cristiano Ronaldo di laga melawan Swiss. Penyerang 37 tahun ini baru main di babak kedua.

Portugal membantai Swiss 6-1 pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Hasil ini memastikan Selecao das Quinas melaju ke perempatfinal.

Pada laga ini, pelatih Portugal, Fernando Santos, memilih untuk membangkucadangkan Cristiano Ronaldo. Ia lebih memilih menurunkan Goncalo Ramos sejak awal laga. Hasilnya jitu, Ramos mencetak hat-trick di laga ini.

 

Baca Juga: Maroko Dan Jejak Wakil-Wakil Afrika Di Perempat Final Piala Dunia

 

Tiga gol Selecao das Quinas lainnya lahir dari Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao. Swiss hanya bisa membalas melalui Manuel Akanji.

Ronaldo sendiri baru dimasukkan Santos pada menit ke-74 menggantikan Ramos. Berhembus kabar bahwa Santos membangkucadangkan Ronaldo imbas dari tindakan CR7 ngambek usai diganti saat melawan Korea Selatan.

Santos kini mengungkap alasan sesungguhnya tak memainkan Ronaldo sebagai starter. Ia menegaskan hal tersebut dilakukan murni bagian dari strategi.

Pada laga kontra Swiss, pilar Portugal lain yang tak dimainkan Santos adalah Joao Cancelo. Bek Manchester City ini bahkan tak diberi menit bermain melawan Swiss.

“Cristiano dan Ramos adalah tipe pemain yang berbeda. Tidak ada masalah dengan kapten tim nasional,” kata Santos dikutip dari Metro.

“Ini strategi. Para pemain punya tipe berbeda. Saya juga memulai dengan [Diogo] Dalot, Raphael [Guerreiro], namun [Joao] Cancelo adalah pemain yang luar biasa. Itulah yang saya pikirkan untuk pertandingan melawan Swiss, di pertandingan lain mungkin akan berbeda,” jelasnya.