Perkembangan Piala Dunia U20 Indonesia: Pssi Gelar Konferensi Pers Hari Ini

Sepakbola

LiveBola.id – Pssi rencananya bakal gelar konferensi pers soal Piala Dunia U-20 2023 pada hari ini. Sebelumnya, telah beredar rumor bahwa drawing fase grup bisa dibatalkan karena penolakan Timnas Israel U-20 untuk berpartisipasi di ajang ini.

Indonesia ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Proses persiapan telah berjalan selama bertahun-tahun, dan turnamen hendak digelar pada Mei-Juni 2023 mendatang.

 

Baca Juga: Link Live Streaming Fifa Matchday Malam Ini: Indonesia Vs Burundi

 

Namun demikian, belakangan muncul kontroversi seiring dengan kelolosan Timnas Israel U-20 ke putaran final. Kehadiran mereka ditolak oleh banyak pihak karena berbagai alasan yang berkaitan dengan kemanusiaan.

Baru-baru ini, pengamat sepakbola Akmal Marhali membeberkan situasi yang tidak mengenakkan. Dia menyebut bahwa drawing Piala Dunia U-20 2023, yang seharusnya digelar pada 31 Maret 2023 mendatang, akan dibatalkan.

Hal ini bisa mengancam status Indonesia sebagai tuan rumah. Selain itu, Indonesia juga bisa kena sanksi FIFA karena tak bisa menggelar turnamen dengan baik.

“Pembatalan penyelenggaraan drawing bukan masalah sederhana. FIFA melihat ada permasalahan besar di Indonesia, sehingga mereka membatalkan kegiatan penting menyangkut Piala Dunia U-20. Pemerintah harus serius menyikapinya,” ungkap Akmal Marhali, dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Minggu (26/3/2023).

“Pemerintah harus tegas, menunjukkan dukungannya secara nyata agar pelaksanaan Piala Dunia U-20. Koordinasi harus dilakukan antar kementerian untuk memperjelas status Israel sebagai salah satu peserta. Sebagai tuan rumah, kita tidak mungkin menolak kehadiran mereka. Israel jadi peserta Piala Dunia U-20. Titik, tidak bisa diperdebatkan,” katanya.

Kini, berdasarkan informasi yang diterima oleh Livebola.id, PSSI akan menggelar konferensi pers pada Minggu (26/3/2023) sore nanti WIB. Konferensi pers itu akan menyampaikan perkembangan Piala Dunia U-20 2023. Namun, semoga tidak ada pengumuman pembatalan drawing.

Timnas Indonesia U-20 sendiri akan berada dalam pot pertama dalam drawing tersebut. Karena peraturan tertentu dari FIFA, Timnas Indonesia U-20 tidak akan dipertemukan dengan Israel U-20, setidaknya di fase grup.