Jadwal Dan Klasemen UEFA National League 2022

Jadwal Dan Klasemen UEFA National League 2022

LiveBola.id –  UEFA Nations League 2022/2023 kembali bergulir. Persaingan negara-negara Eropa di kompetisi edisi ini sudah dimulai sejak Rabu (1/6/2022) lalu. Terdapat total 55 negara dalam empat divisi liga yang akan berjuang memperebutkan gelar juara.

Sebagai informasi, UEFA Nations League pertama kali dihelat pada 2018/2019. Kompetisi musim ini merupakan edisi ketiga bagi turnamen tersebut.

Baca Juga : Indonesia Masters 2022, Anthony Ginting Masuk Ke 16 Besar

Melansir situs resmi UEFA, Nations League ditujukan untuk meningkatkan kualitas sepak bola di timnas negara-negara Eropa. Ajang ini juga menjadi alternatif untuk menekan jumlah laga persahabatan, yang dinilai kurang mampu menghadirkan pengalaman memadai bagi pemain.

Adapun Prancis menyandang predikat sebagai juara bertahan tahun ini, usai keluar sebagai kampiun UEFA Nations League 2020/2021. Sementara itu, Portugal juga sempat mengecap mahkota turnamen edisi perdana, yakni pada 2018/2019.

Seperti yang diketahui, UEFA Nations League mengadopsi prinsip promosi dan degradsi. Tim-tim dengan peringkat teratas akan menjadi penghuni Liga A. Sebaliknya, skuad yang lebih rendah bakal bermain di Liga D.

Berdasarkan hasil undian, Liga A diisi oleh Prancis, Denmrak, Krosia, dan Austria yang tergabung dalam Grup 1. Selanjutnya Grup 2 terdiri atas Spanyol, Portugal, Swiss, dan Republik Ceko. Grup 3 akan menampilkan persaingan Italia, Jerman, Inggris, dan Hungaria. Sedangkan Grup 4 diramaikan oleh Belgia Belanda, Polandia, dan Wales.

Liga A

Grup A1: Prancis, Denmark, Kroasia, Austria

Grup A2: Spanyol, Portugal, Swiss, Republik Ceko

Grup A3: Italia, Jerman, Inggris, Hungaria

Grup A4: Belgia, Belanda, Polandia, Wales

Liga B

Grup B1: Ukraina, Skotlandia, Irlandia, Armenia

Grup B2: Islandia, Rusia (tidak berpartisipasi), Israel, Albania

Grup B3: Bosnia and Herzegovina, Finlandia, Rumania, Montenegro

Grup B4: Swedia, Norwegia, Serbia, Slovenia

Liga C

Grup C1: Turki, Luxemburg, Lithuania, Kepulauan Faroe

Grup C2: Irlandia Utara, Yunani, Kosovo, Siprus

Grup C3: Slovakia, Belarus, Azerbaijan, Kazakhstan

Grup C4: Bulgaria, Makedonia Utara, Georgia, Gibraltar

Liga D

Grup D1: Liechtenstein, Moldova, Andorra, Latvia

Grup D2: Malta, Estonia, San Marino