Profil Tim dan Daftar Pemain Kroasia di Piala Dunia 2022

Piala Dunia

Livebola.id – Timnas Kroasia berhadapan dengan Jepang pada babak 16 Besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Senin 5 Desember 2022. Laga antara Jepang vs Kroasia akan dimainkan mulai pukul 22.00 WIB, siaran langsung di SCTV dan Indosiar.

Di Rusia, empat tahun silam, secara mengejutkan Timnas Kroasia merangsek ke final. Mereka akhirnya harus puas sebagai runner up usai dikalahkan Prancis 2-4. Toh begitu, Luka Modric dkk tetap disambut bak pahlawan.

Soalnya, itulah kali pertama Vatreni, julukan Timnas Kroasia, sukses menyentuh babak paling bergengsi. Di fase grup, mereka melibas tim favorit Argentina tiga gol tanpa balas. Di babak 16 besar mereka menyingkirkan Denmark, di perempat final mengempaskan Rusia, dan di semifinal melumat Inggris.

Di Piala Dunia 2022, Timnas Kroasia tergabung di Grup F. Mereka bersaing dengan Belgia, Maroko, dan Kanada. Melihat materi pemain yang ada saat ini, sepertinya tak banyak perubahan. Dengan demikian, Kroasia berpeluang kembali membuat kejutan.

Baca Juga : Link Live Streaming 16 Besar Piala Dunia 2022 Brazil Vs Korea Selatan.

Pemain bintang: Luka Modric

Berusia 37 tahun, Luka Modric belum habis. Di Real Madrid, klub yang dibelanya sejak 2012, Modrid tetap jadi andalan. Kendati tak memiliki postur tubuh tinggi besar seperti kebanyakan pemain Eropa, gelandang elegan ini bermain sangat lincah. Gocekannya dan umpan-umpannya juga sungguh berkelas.

Loyalitas, juga totalitasnya di Madrid menghasilkan banyak trofi. Pencapaian Modric yang paling berkesan adalah koleksi lima gelar juara Liga Champions.

Banjir gelar di klub, kini saatnya bagi Modric menorehkan sejarah di pentas sepak bola tertinggi. Empat tahun lalu di Rusia, di ajang Piala Dunia 2028, Modric dkk nyaris menggenggam dunia. Melaju ke final, Kroasia yang sempat tak divaforitkan di awal turnamen, kalah 2-4 dari Prancis.

Walau berstatus runner up, Kroasia tetap banjir pujian. Soalnya, itu merupakan pencapaian terbaik mereka. Lebih baik dari Piala Dunia 1998, saat mereka sukses merengkuh peringkat ketiga.

Profil pelatih: Zlatko Dalic

Di panggung internasional, nama Dalic memang kalah mentereng dari pelatih lainnya macam Tite (Brasil), Didier Deschamps (Prancis), dan Luis Enrique (Spanyol).

Namun, sejak Piala Dunia 2018, pandangan orang-orang tentang Dalic kontan berbalik. Nakhoda berusia 55 tahun itu disanjung setinggi langit. Soalnya, Kroasia secara mengejutkan justru berhasil menggapai final. Bersua Prancis, Vatreni terjungkal 2-4.

Dalic dipercaya menukangi timnas sejak 2017. Kepercayaan tersebut direspons Dalic dengan kerja keras. Gaya kepemimpinannya membuat semua pemain merasa nyaman.

Dalic juga tipikal pelatih yang kerap gonta-ganti formasi. Sukses Kroasia empat tahun lalu di Rusia tak lepas dari ragam formasi yang dimainkan. Dalic menerapkan 4-2-3-1, 4-3-2-1, dan 4-1-4-1 bergantung siapa lawan yang dihadapi.

Daftar pemain Kroasia di Piala Dunia 2022

Kiper: Dominik Livakovic, Ivica Ivusic, Ivo Grbic

Belakang: Domagoj Vida, Dejan Lovren, Borna Barisic, Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Borna Sosa, Josip Stanicic, Martin Erlic, Josip Sutalo.

Tengah: Luka Modric, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Mario Pasalic, Nikola Vlasic, Lovro Majer, Kristijan Jakic, Luka Sucic.

Depan: Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Bruno Petkovic, Mislav Orsic, Ante Budimir, Marko Livaja.

Jadwal pertandingan Kroasia di fase grup Piala Dunia

Rabu, 23 November 2022
17.00 WIB: Kroasia 0-0 Maroko

Minggu, 27 November 2022
Kroasia 4- 1 Kanada

Kamis, 1 Desember 2022
Kroasia 0-0 Belgia

Senin, 5 Desember 2022
22.00 WIB: Jepang vs Kroasia