Rugi BESAR! Manchester City Juara Liga Champions, Liverpool Batal Dapat Rp2,8 Triliun Potensial

Sepakbola

livebola.id – Manchester City mengukir sejarah sepekan yang lalu, menjadi tim Inggris kedua setelah Manchester United yang meraih treble usai mengalahkan Inter Milan 1-0 di final Liga Champions Eropa.

Di sisi lain, Liverpool yang pada 2021/22 hampir membuat sejarah besar dengan menjadi tim Inggris pertama yang meraih quadruple, justru terseok-seok di 2022/23 dan harus menutup musim tanpa sebiji trofi pun dan terlempar dari zona empat besar.

Buruknya The Reds musim ini, ditambah dengan kesuksesan bersejarah The Citizens, bisa memberikan dampak finansial signifikan bagi armada Jurgen Klopp.

Baca juga : Pertahanan Indonesia Mengejutkan Timnas Argentina!

Piala Dunia Antarklub versi baru edisi perdana akan bergulir di 2025, dan mereka, menurut klaim Daily Mirror, menawarkan uang hadiah total sebesar £150 juta (Rp2,8 triliun).

UEFA mendapatkan alokasi 12 tim di kompetisi tersebut, empat darinya diisi oleh juara Liga Champions 2021 sampai 2024, delapan sisanya akan ditentukan lewat peringkat koefisien UEFA dengan catatan maksimal hanya dua klub per negara – kecuali jika negara tertentu memiliki lebih dari dua juara UCL berbeda antara 2021 dan 2024.

Ini artinya, kuota Inggris sudah dipenuhi oleh Chelsea dan Manchester City selaku kampiun Eropa 2021 dan 2023, tetapi Manchester United, Newcastle, dan Arsenal masih bisa berpartisipasi asalkan mengangkat Si Kuping Besar di penghujung 2023/24.

Jalur Liverpool menuju Piala Dunia Antarklub 2025 sudah dipastikan tertutup setelah Man City juara UCL.

Mengingat kuota Inggris sudah penuh, The Reds hanya bisa menyusul The Blues dan City dengan memenangkan Liga Champions 2023/24 – tetapi mereka gagal finis empat besar sehingga tak berpartisipasi di turnamen musim depan.